Hari Ini:

Sabtu 24 Jun 2017

Jam Buka Toko:

Jam 09.00 s/d 17.00 WIB

Telpon:

031 99443406 | 087851691057 | 085851500020

SMS/Whatsapp:

081335093314

Line ID:

bengkelprint

BB Messenger:

5B605F49

Email:

bengkel.print@yahoo.com

Layanan Online:

Temukan kami di

tokopediabukalapaklazada mataharimall

Testimoni

Pembayaran Melalui

Rek : 1550154273
An. Setyo Budi Santoso
Rek : 142 05 5900777 7
An. CV. Bengkel Print
Rek : 0238580897
An. Setyo Budi Santoso

Perbedaan Proses Cutting Bahan Sticker HVS Dan Bahan Polyflex

08 March 2017 - Kategori Blog

Perbedaan Proses Cutting Bahan Sticker HVS Dan Bahan Polyflex

Sekarang ini, Kebanyakan orang sudah tidak asing lagi dengan hasil kreatif cutting sticker. Melihat banyak ragam jenis cutting sticker yang sangat di butuhkan oleh kalangan masyarakat, baik dari dunia periklanan, promosi, industri, life style membuat cutting sticker kini jadi trending topic. Namun disini, tidak ada hasil jika tidak melewati proses dulu bukan?

Di artikel kali ini, kami akan menjelaskan tentang “Perbedaan Proses Cutting Bahan Sticker HVS dan Bahan Polyflex?” Nah, bingung kan? Ragam jenis bahan sticker banyak dan cara pengaplikasiannya pun berbeda-beda. Jadi disini kami memberikan informasi nya untuk anda sebagai berikut :

Apa itu Cutting Sticker Bahan HVS ?

Sticker bahan HVS adalah jenis kertas sticker yang memiliki ukuran kertas seperti HVS dan bisa didapatkan di toko-toko buku. Sticker ini mempunyai sifat yang mudah sobek, memiliki permukaan seperti bahan HVS yang bisa ditulis. Namun disini kelemahannya adalah memiliki daya tahan yang terbatas, lemnya juga mudah mengelupas.

Hasil kreatif apa yang bisa dihasilkan dari sticker bahan HVS ?

  • Sticker karakter unik
  • sticker kemasan
  • sticker event, custom
  • sticker untuk souvenir
  • sticker komunitas
  • sticker hiasan dinding
  • sticker kendaraan dan lain sebagainya.

Banyak sekali yang dapat diaplikasikan dengan sticker bahan HVS ini, karena proses pembuatannya pun terbilang tidak rumit, dan dapat di cetak menggunakan printer Inkjet biasa atau bisa juga menggunakan printer laser yang tentunya tintanya akan lebih awet.

Untuk menghasilkan sticker diatas, apakah harus menggunakan bahan HVS saja?

Tidak, ada beberapa ragam jenis bahan yang sering digunakan. Berikut sekilas penjelasannya:

  • Sticker Vinyl
    Kertas sticker yang terbuat dari bahan vinyl yang memiliki karakteristik lentur. Cetak sticker menggunakan sticker vinyl ini memilki daya tahan yang baik, tahan terhadap air dan juga cuaca, memiliki permukaan yang glossy. Namun kelemahannya, apabila anda hendak membuat sticker dengan bahan vinyl tidak bisa di print dengan printer Inkjet biasa tapi, menggunakan laserjetprint.
  • Sticker Bontaks
    Memiliki tekstur seperti kertas biasa, memilki daya rekat yang kuat. Biasanya digunakan untuk label kemasan, kartu nama dan bisa di print menggunakan printer Inkjet. Untuk menambah daya tahan jenis kertas sticker ini bisa ditambah dengan sebuah proses laminasi.

Namun disini, yang sering orang pakai adalah sticker bahan HVS karena lebih mudah dan praktis untuk prosesnya dan bahan juga mudah dijumpai.


Apa itu Cutting Sticker Bahan Polyflex?

Berbeda dengan bahan sticker HVS, Sticker Bahan POLYFLEX mempunyai sebutan lain yaitu HEAT TRANSFER FILM merupakan bahan/media sablon yang terbuat dari bahan vinyl, mempunyai daya rekat kuat dan mudah pemakaiannya. Jika di dalam sablon konvensional ketika kita ingin menyablon kaos maka proses pengerjaannya cukup panjang dari proses afdruk, cuci, cetak, setting, bla, bla, bla tetapi tidak untuk sablon polyflex. Di dalam sablon polyflex hanya membutuhkan 3 proses yaitu C.P.P singkatan dari CUT, PEEL, PRESS. CUT menggunakan mesin cutting, PEEL mengelupas bagian yang tidak dipakai, PRESS menggunakan mesin hot press.

Hasil keratif apa yang bisa dihasilkan dari bahan Polyflex?

  • Sablon kaos custom
  • Sablon kaos ala distro
  • Sablon kaos komunitas
  • Sablon jersey
  • Sablon kain
  • Sablon topi
  • Sablon jaket

Bagaimana perbedaan proses cutting dari keduanya ?

Proses Cutting Bahan Sticker HVS

Persiapakan Semua Peralatan dan Bahan
Siapkan laptop/komputer, printer, kertas sticker HVS , Kertas stiker bening transparant, penggaris, gunting dan cutterPersiapkan Desain
Disini anda bisa mencari gambar di internet, atau bisa desain sendiri di Corel Draw atau Photoshop.

Cetak Desain Menggunakan Printer
Setelah desain sudah siap kemudian print menggunakan printer yang sudah tersedia. Untuk file gambar “bagaimana cara menentukan titik awal potongnya?” ini pasti yang menjadi pertanyaan 😀 Memang untuk potong atau cutting file berbentuk gambar solusinya yaitu menggunakan mesin cutting yang softwarenya sudah menyediakan registration mark (titik sensor). Jadi sebelum diprint buat registration mark dulu supaya mesin cutting bisa menentukan titik awal potong secara otomatis dan tentunya lebih presisi.

Cutting Bahan Sticker HVS
Untuk bahan seperti ini ada 2 pilihan potong yaitu memotong tembus bahan atau hanya sampai bahan atas yang ada lemnya saja. Khususnya untuk potong tembus, sangat disarankan menggunakan alas (cut mate) supaya pisau cutting tidak mudah tumpul.

Finishing
Bahan Sticker HVS siap di tempelkan ke media yang anda inginkan            

 

Proses Cutting Bahan Polyflex

Buatlah Desain
Anda dapat membuat desain polyflex nya dengan menggunakan laptop / komputer dan menggunakan aplikasi CorelDraw. Kenapa CorelDraw…? Karena memang software ini paling sering digunakan khususnya bagi pembisnis yang menggunakan mesin cutting, selain itu dengan CorelDraw juga memudahkan untuk edit desain bentuk Vector/Garis. Untuk bahan polyflex memang tidak perlu diprint kembali karena bahan ini biasanya sudah bentuk rol-rolan, dan setiap rolnya hanya 1 warna saja. Oleh karena itu kenapa file harus bentuk vector/garis dan juga tidak harus menggunakan mesin cutting yang bisa contour cut (harus membuat registration mark).Cutting Bahan Polyflex
Untuk proses cutting bahan polyflex sangat berbeda dengan bahan sticker HVS, untuk bahan polyflex proses cutting harus di mirror dan bahan yang dicutting juga kebalikannya dari bahan sticker HVS. Kalau bahan polyfles yang dicutting justru bagian belakang atau bagian yang tidak ada lapisan seperti mika/plastiknya.

Seleksi Bahan Polyflex yang tidak digunakan
Hasil cutting telah jadi, namun disini anda tidak bisa langsung mengaplikasikannya pada media kaos, topi atau jersey. Yang harus dilakukan adalah mengelupas hasil cuttingan secara perlahan-lahan hingga menyisahkan hasil desainnya saja.

Penempelan ke media
Tempelkan desain bahan polyflex anda pada media yang anda inginkan seperti ( kaos, kain, topi, jersey dll)  menggunakan mesin heat press.

Finishing
Biarkan media yang di press tadi untuk beberapa saat hingga dingin agar benar-benar merekat pada media. Setelah dingin, kelupaslah lapisan bening pada polyflexnya. NB : Tapi setiap bahan juga berbeda-beda, ada yang bisa dikelupas waktu panas ada juga bahan yang harus di kelupas waktu dingin.

Tips mengelupas bahan polyflex dengan rapi ?

  1. Sebelum anda mengelupas hasil cutting-nya, pastikan dulu anda benar-benar sudah mengerti bagaian mana yang dipakai dan bagian yang tidak dipakai.
  2. Jangan lupa siapkan alat pendukung yakni “ Scalpel”. Alat ini dapat membantu anda untuk mempermudah proses mengelupas.
  3. Kemudian mulailah mengelupas dari sudut  pertama dengan menggunakan Scalpel ini dengan cara perlahan tapi pasti.
  4. Jika bahan sudah nampak mengelupas, letakkan saja Scalpel anda dan mulailah menggunakan jari-jari anda untuk menarik perlahan.
  5. Finally, proses selesai (jika ada bagian sudut lain yang sulit di kelupas, gunakan lagi Scalpel-nya)

Itulah sekilas penjelasan yang dapat kami jelaskan, mudah-mudahan dapat menambah pengetahuan bagi anda yang masih bingung perbedaan bahan sticker HVS dan bahan Polyflex. Thankyou ☺